PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA

06.30 0 Comments


A.    Apa itu Psikologi Pendidikan? Siapa-siapa saja tokohnya? Dan bagaimana prakteknya dalam kehidupan nyata? Berikut akan saya jelaskan secara ringkas dan jelas.
Psikologi Pendidikan adalah sebuah cabang ilmu psikologi yang secara khusus memahami cara pengajaran dan pembelajaran di lingkungan pendidikan.
·         Pengajaran : proses pendidikan yang direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar.
·         Pembelajaran : proses interaksi peserta pendidik dengan pendidik.
Maka otomatis sebagai catatan bahwa pengajaran lah yang digunakan di dalam suatu proses pembelajaran.

B.      Tokoh-tokoh perintis psikologi pendidikan:
1.                   William James :  -Mementingkan proses belajar dan mengajar di kelas
                                        -Merekomendasikan bahwa dalam mengajar harus di titik yang sedikit lebih tinggi.
2.                   John Dwey
·         Membangun laboratorium psikologi pendidikan di Amerika Serikat serta merupakan penggerak aplikasi psikologi di bidang praktis.
·         Menurutnya, anak merupakan pembelajar aktif.
·         Pendidikan fokus kepada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan adaptasi (sosial) anak dengan lingkungan sekitarnya.
·         Pendapatnya bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.
3.                   Edward L. Thorndike
Beliau merupakan seorang tokoh yang sangat ahli dalam bidang pembelajaran.
Salah satu gagaasannya adalah psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan fokus pada pengukuran. Beliau memberikan penilaian, pengukuran, dan perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah.
4.                   B. F. Skinner
Beliau merupakan tokoh dari pendekatan behavioral operant conditioning. Menurutnya, konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi. Konsekuensi akan bersifat sementara pada perilaku organisme(reinforcement-punishment)

C.      Belajar adalah hal yang kompleks serta murid muridnya bervariasi dan tidak mungkin ada cara tunggal untuk mengajar keragaman ini. Beberapa  cara mengajar yang efektif untuk dapat mendidik dengan baik, yaitu:
1.       Pengetahuan dan Keahlian Profesional
·         Penguasaan Materi Pelajaran
Guru yang efektif akan berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Bukan hanya mencakup fakta, istilah, dan konsep umum tetapi juga mengetahui dasar-dasar pengorganisasian materi, mengaitkan berbagai gagasan, cara berfikir dan berargumen, serta kemampuan untuk mengaitkan satu gagasan dari suatu disiplin ilmu ke disiplin ilmu lainnya.
·         Strategi Pengajaran
Konstruktivisme fokus agar individu secara aktif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman. Menurut pandangan konstruktivis, guru bukanlah sekedar mentransfer ilmu ke anak tetapi harus mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berfikir secara kritis.
·         Keahlian Motivasional

Guru yang efektif pasti memiliki caranya sendiri untuk memotivasi murid agar mau belajar.  Ahli psikologi pendidikan percaya bahwa motivasi adalah hal yang paling baik didorong dengan member murid kesempatan belajar di dunia nyata, mempelajari hal baru dan rumit. Serta guru yang kreatif akan memberi murid kesempatan berfikir kreatif.
·         Keahlian Komunikasi
Jenis-jenis keahlian komunikasi ada dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami komunikasi nonverbal dari murid, serta mampu memecahkan konflik secara konstruktif. Contoh sikapnya dengan tidak terlalu banyak mengkritik, memiliki gaya komunikasi yang asertif bukan agresif, manipulative atau bahkan pasif, dan guru yang efektif akan membantu meningkatkan keahlian komunikasi para muridnya.
·         Keahlian Manajemen Kelas
Salah satunya dengan menjaga kelas agar tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas. Guru yang efektif akan mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif.
·         Bekerja secara efektif dengan murid dari latar belakang kultural yang berbeda.


Guru harus mengerti dan memahami anak yang berbeda-beda dan sensitive pada kebutuhan mereka, serta mendorong murid membangun hubungan yang positif pada murid yang berbeda.
·         Keahlian Teknologi

Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan komputer ke dalam proses belajar di kelas.

2.       Komitmen dan Motivasi
Mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid. Komitmen dan motivasi membantu guru yang efektif melewati masa-masa yang sulit dan saat yang melelahkan dalam belajar.
Guru yang efektif punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka.

0 komentar: